Wednesday 4 July 2012

Cerita Absurd Tentang Sahabat Kecil

Sahabat ? Semua orang pasti punya sahabat. Baik sahabat deket, maupun sahabat yang biasa aja alias temen.  Tapi kalo sahabat kecil? Orang yang bener-bener deket banget sama elo waktu lu-lu semua masih kecil? Lu punya kagak? Ha punya kagak? Punya kagak? Oke, gua mulai lebe. Gua sih punya sahabat kecil, yang selalu main bareng gua, yang nginep di rumah gua, yang sampe mandi juga bareng sama gua. Gua punya, dan nggak cuman satu, tapi banyak. Gua sebutin satu-satu aja kali yak?Tapi sebelum baca bacotan gua tentang sahabat-sahabat kecil gua, liat dulu nih, Ipang-Sahabat Kecil!





1.  Mbak Galih

Mbak Galih (yang juga sepupu gua dan juga tetangga gua) adalah sahabat terbaik gua nomor 1. Walaupun waktu kecil kita masih sering berantem, sering ejek-ejekan cuman gara-gara masalah sepele, kayak misalnya gua pernah berantem gede sama mbak Galih cuman gara-gara gua kalah main lompat tali sama dia, gua ejek-ejek namanya, gua ejek-ejek rambutnya (yang kebetulan sih agak keriting), bahkan gua sampe ejek-ejek ibuknya (yang juga merupakan bude gua), dan dia pun melakukan hal yang sama. Ngejek gua, terutama tentang kegendutan gua (dari kecil sampe sekarang gua gendut bener -__-). Dan ujung-ujungnya gua nangis dan lari ke rumah, sampe rumah gua tambah nangis gara-gara nggak ada orang, parahnya lagi gua sampe mutah! Gimana menurut lu? Setelah teriak-teriak, nangis (masih sambil teriak-teriak) selama lebih dari 15 menit, gua mutah. Untungnya mas Danang dateng dan bantuin gua. Hal lain yang pernah gua lewatin sama Mbak Galih adalah, sok jadi emak-emak. Kita berdua main di rumah gua, nyoba semua high-heels nyokap, nyoba bedak, eye-shadow dan lipstick nyokap same patah. Ujung-ujungnya, kita dimarahin bokap (dan gua nangis lagi). Terus kita pernah, sering malah, kembar-kembaran baju. Apalagi kalo bude Karsih (mamahnya Mas Wanuh) pulang dari Jakarta. Kita pasti dibeliin baju yang kembaran, terus kita pake berdua deh terus kita juga sering bobok bareng, foto (sok narsis) bareng, daan ngomongin cowo bareng *eh? Bahkan sampe sekarang kita masih tetep keep in touch walaupun mbak Galih udah pindah rumah.




1.     Mas Wanuh

Ini yang kedua, Mas  Wanuh. Tinggalnya di Jakarta, jadi kita jarang maen deh. Tapi kita sering main bareng juga sih, tapi nggak sesering kayak Mbak Galih, Dek Bagas maupun Dek Gita. Jadi dia sahabat kecil gua bukan? Bukan kali ye? Eh tapi kasian kalo nggak gua mention *loh?  Just the same with Mbak Galih, kita sering maen bareng (tapi gua nggak nangis), sering mancing bareng di rumahnya Bude Sukar, makan bareng. Mbak Galih aja sampe pernah naksir sama dia daan Mbak Galih pernah melakukan akad nikah sama dia waktu kecil! Oke, itu gua ngarang. Sekarang, kita udah jarang ketemu. Twitter aja gatau, nomor apalagi. Terakhir kita ketemu waktu dia pulang ke Jogja sekitar 3 tahun lalu gara-gara di skors gara-gara tawuran, hadeh--

1.   Dek Gita
       Ini dia! Dek Gita (yang juga merupakan sepupu gua). Dia cantiik banget deh sekarang. Sekolah di Stece. Sedangkan gua? Masih seperti dulu, gendut dan hitam (bedanya sekarang gua pake behel). Dulu, kita sering main bareng, gua juga sering nimbrung di acara-acara keluarganya. Tapi nggak se-intens kayak gua main sama Mbak Galih sih. Abis dia rumahnya di Kotabaru sih, jadi kita mainnya juga jarang. Paling seminggu sekali. Tapi kenangan yang paling melekat adalah saat gua ngikut dia touring! Jadi ceritanya, seperti biasanya, hari Minggu dia main ke rumahnya (yang deket banget sama rumah gua dan Mbak Galih dan Dek Bagas), terus gua main deh ke rumahnya. Mbak Galih lagi pergi dan dek Bagas main sama temennya sendiri. Baru se-jam-an main, dek Gita udah mau pergi ke rumah temennya buat acara ulangtahun temennya itu. Yaah, gua sedih dong ya, bayangin bakal dapet kue ultah dan makanan yang banyak, gua bilang ke dia kalo gua pengen ikut, kebetulan papahnya dek Gita, Mas Endro juga mau pinjem mobil bokap, jadi tambah lengkap deh alasan gua ikut. Bilangnya mau jagain mobil, padahal mau ngikut makan gratis *eh. Haha, untungnnya aje dia ngebolehin dia ikut. So, gua pulang deh, ngomong ke nyokap (sambil ngerengek dan nangis-nangis kayak di sinetron) biar gua boleh ikut, dan yaaay! Gua dibolehin ikut!Abis itu gua ikut deh ke rumah temennya, abis itu kita ke pantai!!! Tapi bentar, bukannya ke pantai, kita malah pergi ke sebuah rumah. Ooh, ternyata jemput temen arisan mamahnya dek Gita, Mbak Lucy. Jadi jumlah penumpang di mobil nambah deh jadi gua, Dek Gita, Deta (adeknya dek Gita), Mbak Lucy, Mas Endro, temen arisn Mbak Lucy, dan dua anaknya temen arisan mbak Lucy. And you know what? 2 penumpang dari 3 penumpang baru kita itu ganteeng banget! Gimana nggak? Keturunan Belande bo’! aduh, apalagi kakaknya tuh, aiih gantengnya kayak Stefan William kalo sekarang! Sayangnya, gua masih TK Nol Kecil, dianye udah kelas 2 SMP. Mau gua gebet juga, ntar pas gua udah gede, dia jadi om-om dong? Yang kedua namanya Michael, maish seumuran gua. Tapi kalah ganteng ah sama kakaknya! Apa gara-gara dia gendut ya? Aih, gitu lah. Abis itu kita cuss ke Pantai. Masih inget deh pas di Pantai, lagi asik-asiknya makan kacang di bangku pinggir laut, tiba-tiba ombak yang dateng guede tenan! Lari deh kita langsung! Dek Gita yang lagi renang aja sampe digendong sama Om Endro. Abis itu, kita ke resto. Makaan :D berhubung porsinya banyak, gua sama Michael sepiring berduaa. E ciyeeh *loh? Abis itu kita pulang deeh :D eh nganterin Michael ke rumahnya dulu ding! 
          Pengalaman laen gua sama dek Gita sih sebenernya masih banyak, tapi gua males nulisnya *eh? Ini yang kedua, beberapa tahun kemudian, setelah lebih dari 6 bulan dek Gita nggak maen ke rumah gua, dia main ke rumah gua gara-gara mamahnya mau arisan di rumahnya yang deket rumah gua (jadi rumahnya ada 2 dan mereka sering nomaden, yah ceritanya panjang deh pokoknya). Nah, anaknya temen-temen arisan mbak Lucy ikut, rame banget tuh jadinya! Gua sih, cuman nggabung bentar sama mereka. Malu, nggak pede, ngarasa cupu banget gua gabung sama anak-anak kota macam mereka. Maklum gua kan cuman anak desa yang dekil, gendut dan item, hu hu hu.. cuman selang bentar gua masuk rumah, dan nggak keluar-keluar lagi. PeDe meter gua udah jatoooh, nggak berani maen sama mereka zzZZZzz oke nggak usah dibahas lagi.*garuktembok* *sembunyi di dalem selimut*

1.       Michael
Ini yang ke empat, Micahel! Masih inget kan, postingan gua yang diatas? Seminggu setelah journey (itu sebuah journey ya? Anggep aja kayak gitu) ke pantai, Michael mengunjungi rumah gua! (sebenernya mamahnya arisan di rumahnya dek Gita yang deket rumah gua, terus Michael maen deh ke rumah gua sama dek Gita). Tapi, entah kenapa, pas itu gua lagi BM. E ciyeh, anak kecil umur 5 tahun aja bisa BM, jadi si Michael gua kacangin dan gua cuman main sama dek Gita. Nggak lama kemudian Michael balik pulang ke tempat mamahnya, yaudah gua sih masa bodo aja. Lah tapi kok deh Gita ikut-ikutan pulang? Yaaah, gua susul deh tuh anak ke rumahnya. Tapi kok dia baliknya sama Michael? Jadi agak sebel deh gua sama Michael. Dia gandeng Michael ke arah gua yang nuggu di halaman rumahnya. Dia lepas gandengan tangannya dari Michael dan berbisik ke gua “Dek, katanya Michael suka kamu lohh!” HAH? MAK? Gua masih 5 tahun! Eh bule gila! Anak kecil gendut, item, nggak punya leher (saking gendutnya gua) ini disukain sama blasteran Belanda yang putih-pink gitu kulitnya, rambut coklat agak item panjang dan dikelabang khas style anak orang kaya jaman dulu? Aih, gua tambah marah sama Michael. Sebel kan gua? Gua kan belon mikir suka-suka-an, baru mikir main-main-an-_-  yaudah gua tinggallin Michael dan maen bareng sama dek Gita, CUMA gua dan dek Gita. Michael cuman gua kacangin. Beberapa jam (aslinya cuman 2 jam) kemudian arisannya selesai, mereka pulang. Dek Gita pulang, dan Michael pulang. Dan beberapa minggu kemudian, saat dek Gita main lagi ke rumah gua, saat gua udah nggak marah lagi ke Michael. Gua Tanya ke dek Gita “Michael mana?” dan dek Gita jawab “dia udah ke Belanda, nyusul papahnya, Minggu yang kemaren tuh hari terakhir Michael di Indonesia” terus gua yang “yaaah, bule ganteng-yang gendut kelabangan dan nyebelin- udah pergii” sampe sekarang gua masih nggak tau Michael apa kabarnya, tambah ganteng nggak, dan tambah kurus nggak. Michael, aku kangen kamu!! Maaf banget udah jutekin kamu waktu kita kecil dulu!! Maafin gua Michael! *curcol absurd seorang ABG yang kangen sahabat-singkat bulenya*
 
           Dian
        Yang juga merupakan sodara gua. Kita selalu maen bertiga. Gua, Dian sama Mbak Galih hingga sekarang, meskipun kita udah SMA udah tua meskipun amsih cengok, kita tetep sering maen bareng. Meskipun dulu sering ngambek-ngambekkan, tapi sekarang intinya kita tetep sahabatan. Bahkan setiap ada acara keluarga, gua sama Dian pasti cuman langsung ke kamar atau pergi, maen sendiri dan bukannya bantuin sodara yang lain._.

1.       Dek Bagas
          Ini yang terakhir! Dek Bagas a.k.a Bagas Triantono (hei gua masih inget nama panjang lu!) (yang juga tetangga gua). Jarak rumahnya cuman belasan langkah dari rumah gua, that’s why dia adalah sahabat gua yang paling sering bobok di rumah gua. Sebenernya dia lebih tua setahun dari gua, tapi somehow, gua emang diajarin manggil dia ‘dek’ sejak kecil. Jadi yaudah deh, gua paggil dia ‘dek’ bahkan sampe sekarang. Cerita yang udah kita alamin buanyaak banget. Secara udah tetanggaan, satu SD lagi! yang gua inget banget, waktu dia bobok di rumah gua bareng mbak Lia sama Mbak Ninda (kakak-kakaknya), jam 9 nan abis main kartu bareng sama mbak Ika (kakak gua), kita tidur. Tapi tengah malem kita bangun, and guess what? Kita nonton film nya Suzanna! Coba, filemnya Suzanna! Uwaw banget nggak sih, 2 anak TK, 1 anak SD, 1 anak SMP dan 1 anak SMA nonton film horror tengah malem? Biasa aja sih *nahloh Terus yang kedua, pernah ya, dia maen di rumah gua dari pagi sampe sore gitu, udah main mobil-mobil an, mewarnai, jajan buanyak banget di rumahnya (ibuknya punya warung), gambar-gambar sampe bosen, terus kita mandi bareng. Berdua, di kamar mandi, got naked, nyebur bak mandi. And lebih insane nya lagi, pas lagi keramas dia nyuruh gua yang telanjang gitu pergi ke kamar nyokap dan ngambil sisir buat sisiran dengan keadaan rambut masih penuh dengan shampoo! Katanya sih, biar pas udah kering ntar rambutnya bisa lurus, lu kate rebondingan gan?! Gila banget yak? Tapi gua turtin juga sih -_- tapi semuaa ke-insane-an gua dan dia agak memudar saat dia duah kelas 3 SD, jam pulang sekolah kita beda. Jarang pulang bareng, jarang maen bareng, makin jauh deh kita.. sampe sekarang, gita jarang communicate dan setiap ketemu cuman blushing *eh sendiri-sendiri, malu akan kenangan masa kecil kita yang terlalu insane buat diceritain ulang.
Amma&Bagas.2001



No comments:

Post a Comment