Saturday 30 March 2013

Tanggung Jawab


tanggung jawab?
 
Menurut kalian tanggung jawab itu apa?

Menurut gua, tanggung jawab itu, saat lo bisa melaksanakan tugas-tugas lo dengan baik. Entah kenapa, gua selalu ngerasa gagal dalam menjalankan semua tugas *ceritanya galau*. Baru-baru ini gua lagi ngurusin sebuah event, at first, I thought I can do that, but later I realize that It does difficult to handle people with those different character and business. Entah gimana caranya, event itu akhirnya jalan, meskipun nggak sesuai ekspektasi, entah karena emang ada kutukan dari pembimbingnya, entah karena namanya nggak 'ngejual' dan nggak kece, but one thing for sure: karena terlalu banyak jambu-jambu bertebaran dalam event ini. Mulai dari sponsor ynag katanya ngasih sponsor tapi setelah diitung-itu sama aje, dari sponsor yang njambu kita, dan lain-lain. Gua nggak mau bahas ini, acanya bisa jalan aja udah alhamdulillah:)

back to topic.
Kenapa gua tiba-tiba bawa topik yang beginian? Gua juga nggak tau, mungkin karena gua abis ngerasa bersalah banget sama manusia-manusia yang rela pulang malem sedangkan gua sebagai chief malah cuss duluan, tapi ya gimana, gua udah janji sama bapak-ibu buat pulang jam 6.30 :(((

Ceritanye, kemaren gua abis ngurusin konsumsi buat event yang gua  handle ini. 2 hari berturut-turut gua pulang jam 9 malem. Setelah hari ke-2, paginya gua dinasihatin sama ortu, tentang omongan tetangga lah kalo misalnya ada cewek pulang malem, tentang apa itu sebenernya tugas / tanggung jawab peng-handle  acara, dan tanggungan rumah gua. Kalo dipikir emang semua nasihat itu bener, tapi entah pikiran gua yang udah nggak rasional kalo inget gimana kinerja temen-temen panitia  lain yang rela kerja banting tulang, pulang malem hampir tiap hari, dan aku yakin pasti juga dimarain orangtua masing-masing; aku masih nggak tega ngelepas mereka kerja sendiri tanpa gua.

And today is the day, event kita jalan...
Sebenernya gua tau, setiap ada lomba debat di sebuah event, selesainya minimal habis Magrib. Paginya, gua izin ke ortu kalo gua bakal pulang abis Magrib, maksimal abis Isya'; tapi pas gua izin ke bapak, bapak nggak ngizinin. Gua harus sampe rumah jam 6.30 mbuh kepiye carane. Yaudah, males berdebat, gua iya-in aja permintaan bapak.

Setelah ngurus persiapan puanjaang, event ini mulai. Udah jam 6.15 prelim 2 lomba debat baru mulai, and I know that it will take at least an hour to finish that. Dan kalo diitung-itung, acara hari ini bener-bener selesai jam 8-an. Padahal besok acara ini masih berlanjut sampe besok dengan jam closing yang kurang lebih sama. Jam segitu pula gua udah mulai bigung, cari wakil gua, Kala. Gua udah bilang emang kalo gua harus pulang duluan dibanding yang lain, soalnya kalo kali ini gua sampe pulang telat,gua nggak bakal diizinin pergi kemanapun besok, dan padahal besok ada event puncaknya. 

Jam 6.30, gua udah mulai pamit-pamit ke panitia lain, bilang gua harus pulang sekarang atau besok sama sekali nggak bisa berangkat. Udah ngerasa bersalah gitu, apalagi pas pamit ke anak-anak perkap yang masih kerja capek-capek beres-beres 15 ruang kelas buat acara besok. Pas mau cuss, Kala masih nggak keliatan batang hidungnya. Gua panik, pikiran gua udah nggak rasional, yang gua pikirin saat itu adalah, gimana caranya gua bisa balik secepat mungkin biar nggak begitu telat sampe rumah dan biar bisa ngurus event ini lagi besok. 

Jam 6.40 Kala belom keliatan juga, gua makin panik. Gua langsung pasrahin kerjaan gua ke Ira dan kemudian cuss ke MM, pamit ke mas Adit dan panitia lain. Abis pamit ke mas Adit, gua balik ke Joglo ke tempat panitia-panitia kece kongkow. Disana gua liat Kala.. gua langsung teriak dan marah-marahin Kala karena nggak balik-balik dari KR, nggak peduli diliatin panitia lain, gua luapin emosi dan kecemasan gua. Maaf banget Kal.. :(

Abis itu akhirnya guas cuss, di jalan hujan. Gua sengaja nggak pake jas hujan, takut kelamaan. Akhirnya gua terabas hujan itu, meskipun gua bawa laptop, gua hampir nggak peduli. Yang penting gua sampe rumah secepat mungkin. 

Begitu sampe  rumah.. ternyata bapak ibu pergi. Tau gitu kan tadi gua nggak perlu marah-marah ke Kala. Bisa nge-handle sedikit urusan. Bisa 'ngetok' lah paling nggak buat memenuhi tanggung jawab gua. Tapi kalo dipikir lagi, kalo gua ngelakuin itu, gua jadi nggak amanah ke bapak-ibu, nggak fulfill janji gua, nggak jalanin tanggung jawab gua sebagai anak. Sungguh gua merasa dilema. Tanggung jawab yang mana yang harus gua dahuluin? Tanggung jawab event atau tanggung jawab ke orangtua? Entah kenapa, gua pilih tanggung jawab ke orangtua, tapi bukan berarti gua tinggalin tanggung jawab event gua. Mungkin, gua cuman bisa ngerjain separuh tangguh jawab gua, but at least, gua punya wakil. Lah kalo tanggung jawab ke orangtua? Itu absolut,  bagi gua. Orangtua tuh penentu dunia-akhirat anak, bukannya di ajaran agama ada? "Restu Allah tergantung pada restu orangtua", and I just wont lose that.

So, buat semua panitia yang gua tinggalin hari ini, gua minta maaf banget ya. I promise I'll try to be there until our event really really finish tomorrow <3

No comments:

Post a Comment